Dibuat oleh : •Aby seftian efendi •Aisyah Diah Salsabila •M. Kashfi Assegaf •Readi pratama H. LATAR BELAKANG Menggun...

Animasi Wholly Paus Pemakan Sampah ( Prototype )


Dibuat oleh :

•Aby seftian efendi

•Aisyah Diah Salsabila

•M. Kashfi Assegaf

•Readi pratama H.



LATAR BELAKANG

Menggunungnya sampah plastik yang kini berada di laut indonesia sudah tidak bisa dianggap persoalan sepele. Kasus yaitu seekor paus sperma yang terdampar di Indonesia lebih tepatnya di wakatobi ditemukan sampah didalam tubuhnya dengan berat sampah sekitar 5,9kg dan akhirnya dalam kondisi mati. Yang mengenaskan ada banyak sampah plastik didalam perut paus tersebut seperti botol bekas minuman dan lain-lain. dari kasus tersebut Oleh sebab itu kami akan membuat sebuah animasi dengan karakter berupa paus itu sendiri yang digambarkan dia menunjukan ekspresi sedih dan murung dikarenakan habitat tempat tinggalnya yang telah tercemar oleh sampah-sampah plastik tersebut.


Batasan Masalah 

  1. 1. Merancang dan membuat Animasi ‘Wholly Paus Pemakan Sampah’.
  2. 2. Menampilkan animasi ‘Wholly Paus Pemakan Sampah’, di mulai saat masyarakat membuang sampah di pantai sampai Wholly mati karena memakan sampah yang ada di lautan.
  3. 3. Animasi ini dibuat untuk seluruh masyarakat, baik orang dewasa maupun anak – anak.
  4. 4. Aplikasi yang di gunakan dalam pembuatan animasi ini adalah Adobe Flash CC


TUJUAN

  1. 1. Mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, karena kita hidup bersama makhluk hidup lain. Bukan hanya kita yang dapat terkena dampak buruk dari tidak menjaga lingkungan, teteapi makhluk hidup lainnya juga.
  2. 2. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.


CERITA

"Suatu hari ada masyarakat sekitar laut membuang sampah sembarangan ke laut, ia tidak menyadari perbuatan itu menyebabkan pencemaran laut. Sampah yang dibuang masyarakat itu mengotori laut dalam, sampah itu dikira makanan oleh mahluk laut. hingga akhirnya ada seekor paus bernama wholly yang hidup di laut yang sangat dalam, saat itu Wholly sedang kelaparan, akhirnya ia berinisiatif mencari makan sendiri karena dia hidup sebatang kara. Dia membawa sebuah keranjang untuk mengumpulkan persedian makannya saat balik ke rumah. Dalam pencarian makanan dia mendapatkan sebuah benda yang dikira makanan yang enak bagi dia. Karena benda itu dimana-mana , wholly membawa makanan itu cukup banyak dengan warna yang bervariatif. Dia memakan benda itu sampai dirumahnya dan wholly melakukan hal ini selama kurang lebih 1minggu. Tiba-tiba wholly ditemukan di tepi laut dengan kondisi mati mengenaskan , dengan ditemukannya banyak sampah didalam perutnya."

CHARACTER DESIGN 

Karakter desain adalah proses menciptakan dan merancang karakter. Proses perancangan karakter tersebut ditinjau dari tiga aspek dasar yaitu Fisiologi, Sosiologi, dan Psikologi









UNIFIED MODELING LANGUAGE


Use Case Diagram




Activity Diagram User


Sequence Diagram User


SOFTWARE YANG DIGUNAKAN

Adobe Flash Pro CS6
  • •User Interface yang user friendly memudahkan pemula yang ingin membuat animasi
  • •Cocok untuk membuat sebuah animasi sederhana yang menarik
  • •Tools-tools nya mudah dipahami user

ANIMASI


Scene masyarakat sekitar pantai membuang sampah sembarangan. 


Scene Sampah mengotori dan mencemari lautan. 



Scene wholly membawa dan mencari makan di lautan dalam. 




Scene wholly makan sampah yang dibawa.



Scene masyarakat sekitar melihat wholly terdampat di pinggir laut. 



0 comments: